WuSqyOgjkDlVD9T3DwbScpWy4QmNOXpt1I6JND8M

SEO - Apa Itu SEO? Fungsi, Jenis, Manfaat Dan Cara Kerjanya

SEO. Perkembangan teknologi semakin lama semakin pesat. Masyarakat dengan mudahnya mengakses internet, kapan saja dimana saja. Hampir seluruh masyarakat pasti pernah melakukan pencarian website di Google, Bing, Yandex atau mesin pencari lainnya.

apa-itu-seo

Tapi tahukah kamu? Bahwa mesin pencari tersebut mengurutkan hasil pencarian berdasarkan tingkat rangking tertinggi website. Lantas bagaimana jika ingin website atau blog kita bisa berada diurutan teratas mesin pencari?

Optimalisasi website agar mendapatkan peringkat teratas dihasil pencarian bisa kita usahakan dengan menggunakan SEO.

SEO ? Apa itu ?
Mari kita bahas lebih lanjut tentang apa itu SEO, manfaat, fungsi dan cara kerjanya. Silahkan untuk disimak!

Apa Itu SEO?

SEO ( Search Engine Optimization ) merupakan teknik untuk pengoptimasian halaman yang mengandung kata kunci atau frase yang bersangkutan yang akan di index oleh mesin pencari sebagai kata kunci pencarian. Secara sederhana, SEO adalah sebuah strategi untuk mengoptimalkan sebuah website atau blog.

Karena SEO selalu berfokus pada pencarian kata kunci secara organik. Optimasi yang dilakukan akan memungkinkan mesin pencarian ( search engine ) untuk menilai apakah sebuah webisite layak berada di peringkat teratas.

Dengan berada di peringkat teratas, maka potensi trafik organic bisa meningkat dan tujuan website akan tercapai. Untuk bisa memperoleh trafik organic yang tinggi, ada beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari untuk hal ini adalah Google, dimana aturan ini harus anda ikuti dan patuhi.

Jenis - Jenis SEO

Setelah mengetahui apa itu SEO, alangkah baiknya kamu juga perlu mengetahui apa saja jenis dari SEO tersebut.

1. SEO On Page

Penerapannya berkaitan dengan konten yang kamu buat. Seperti bagaimana strategi yang pas agar halaman yang ada bisa dioptimalkan. SEO On Page akan membantu search engine dalam melakukan ceawling topik atau tema konten pada webiste kamu, kemuadian membuat webiste kamu menjadi banyak pengunjung. Namun, perlu kamu ingat ada beberapa hal yang mempengaruhi SEO On Page, yaitu :

  • Riset keyword ( Kamu perlu memahami lebih dalam bagaiamana cara pengaplikasian tools untuk riset keyword, penggunaan short tail dan juga long tail keyword ).
  • Membuat konten ( Karena SEO on Page erat kaitannya dengan konten yang kamu buat, maka kamu perlu fokus dengan keyword yang telah kamu buat )
  • Optimasi Keyword ( Kamu bisa memanfaatkan meta tag SEO yang paling sesuai dan meletakkan keyword pada bagian yang strategis )
2. SEO Off Page

Biasanya digunakan untuk membantu meningkatkan trafik website untuk bisnismu. Menggunakan jenis SEO Off Page ini kamu harus cermat dalam menambahkan Backlink dan melakukan promosi.

3. Technical SEO

Technical SEO berhubungan erat dengan elemen non-konten yang ada didalam website kamu. Dengan memanfaatkan SEO ini tingkat keterbacaan dalam search engine menjadi semakin tinggi.

Fungsi - Fungsi SEO

SEO sendiri memiliki beberapa fungsi diantaranya :

  • Meningkatkan peringkat dari sebuah website
  • Memastikan agar website kita selalu berada pada index mesin pencari dan selalu berada di halaman utama
  • Meningkatkan jumlah kunjungan webiste melalui pencarian di internet
  • Bagi website jual beli, SEO juga mampu meningkatkan persentase penjualan dan membantu menekan biaya pemasaran produk yang relatif banyak.

Manfaat SEO

Selain memiliki fungsi yang menguntungkan, SEO juga memiliki segudang manfaat bagi kita penggunannya. Lantas, apa saja manfaat itu?

  • Brand Semakin Dikenal ( Bagi sebagian besar orang, sebelum melakukan transaksi belanja online mereka pasti akan melakukan pencarian review terlebih dahulu. Nah, dengan menerapkan teknik SEO pada websitemu, dimana nantinya semakin sering website anda muncul dalam mesin pencarian, semakin banyak pula yang akan mengenal brand kamu ).
  • Trafik Mengalami Peningkatan ( Penggunaan SEO mampu meningkatkan jumlah trafik pengunjung website secara organik. Sehingga kamu tidak perlu lagi membayar biaya jasa periklanan ).
  • Website Lebih Mudah Ditemukan ( Website kamu jadi lebih gampang ditemukan pada mesin pencari dengan menggunakan beberapa kata kunci yang sesuai dengan topik website kamu. Sehingga anda dapat menjangkau target dengan lebih luas ).
  • Mendapat Leads Yang Berkualitas Dan Peningkatan Penjualan ( Sebagian besar orang yang menggunakan search engine adalah orang - orang yang mempunyai kebutuhan dan ketertarikan tertentu, jadi kemungkinann untuk memperoleh closing rate lebih besar daripada menggunakan media sosial. Hal ini juga akan memberikan dampak yang besar bagi penjualan produk kamu ).

Cara SEO Bekerja

Tapi jangan lupa, proses SEO bukan hanya bisa dilakukan sekali saja. Namun, proses berkelanjutan yang tidak ada akhirnya. Seperti yang kita ketahui SEO memiliki tujuan untuk mengoptimasi sebuah website, sehingga bisa membantu para pengguna dalam menemukan infrmasi yang mereka butuhkan sesuai dengan keyword atau kata kunci tertentu. Dalam melakukan pencarian sesuai dengan keinginan pengguna, search engine memiliki tiga tugas utama yaitu :

  • Crawling, Merupakan rangkaian awal dari proses kerja search engine optimasi. Crawling memiliki pengertian untuk mengumpulkan informasi dari semua website, yaitu dari satu halaman ke halaman lain, dari satu link ke link lainnya.
  • Indexing, Setelah melakukan pengumpulan informasi, maka web crawler menyimpan informasi tersebut pada entry list atau index.
  • Ranking, Rangkaian yang terakhir search engine akan menampilkan sesuai dengan hasil pencarian dengan peringkat yang berurutan. Setiap search engine memiliki algoritma tertentu yang dimanfaatkan untuk menentukan apakah sebuah konten tersebut telah layak masuk ke daftar peringkat tertinggi di search engine tersebut atau belum.

Kita akan ambil salah satu contoh algoritma dari search engine Google. Kenapa kita ambil contoh Google ? Karena google telah menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan. Google sendiri selalu memperbaharui algoritmanya supaya mampu memberikan hasil pencarian yang up to date dan relevan bagi penggunannya.
Jadi, kamu perlu mengetahui update algoritma dari google dan tidak menggunakan algoritma lama pada website.

Nah, itulah kurang lebih tentang pengertian SEO, jenis, fungsi, manfaat serta cara kejranya. Semoga informasi ini bermanfaat :)

Related Posts
Kak Ula
Sharing informasi produk kecantikan dan kesehatan

Related Posts

Posting Komentar