WuSqyOgjkDlVD9T3DwbScpWy4QmNOXpt1I6JND8M

5 Perbedaan Blogger Dan Wordpress Terbaru Yang Wajib Kamu Tahu!

Perbedaan Blogger Dan Wordpress. Dalam dunia internet tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya blog. Blog tidaklah sama dengan website, karena blog adalah bagian daripada website. Sehingga blog sudah pasti termasuk website, namun website belum tentu sebuah blog. Sebuah blog biasanya berisi informasi-informasi terupdate, namun juga tidak menutup kemungkinan berisi catatan-catatan pribadi seseorang. Karena kadangkala blog dijadikan sebuah diary ataupun tempat menulis puisi, cerita, artikel-artikel ilmiah, hingga berita terkini.

Perbedaan Blogger Dan Wordpress
 

Membuat sebuah blog tidak harus membuat dan membeli domain terlebih dahulu. Karena saat ini sudah tersedia layanan pembuatan blog gratis. Layanan blog yang paling banyak digunakan adalah blogger dan wordpress. Kedua layanan blog tersebut adalah layanan blog yang paling tua. Keduanya memiliki beberapa perbedaan, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga, jika dihadapkan dua pilihan antara blogger dan wordpress, lebih baik mengetahui terlebih dahulu tentang kedua layanan blog tersebut.

BLOGGER - BLOGSPOT

Blogger adalah salah satu layanan atau platform blog yang dikembangkan oleh Google. Pada awalnya, blogger dirilis oleh Pyra Labs pada tahun 1999. Dan pada tahun 2002, blogger sudah diakuisisi oleh Google dan memiliki berbagai perubahan fitur-fitur di dalamnya. Untuk bisa memiliki blogger, hanya perlu membuat akun Google dan mengakses Blogger.com. Namun pengguna blogger tidak memiliki kontrol penuh atas postingan di dalamnya, karena bisa jadi pihak Google akan menghapus postingan pengguna yang melanggar syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Simak Juga! Cara Mudah Dan Cepat Bikin Blog Di Blogger.com

Layanan blogging gratis ini sangat cocok untuk pengguna blog pemula karena memiliki kemudahan dalam mengakses dan cara menerbitkan postingan. Blogger juga memungkinkan pengguna untuk menata desain dan tata letak sesuai dengan keinginan. Ciri-ciri dari blogger adalah memiliki nama domain terakhir blogspot.com.

WORDPRESS

Wordpress adalah sebuah CMS (Content Management System) yang bersifat open source sehingga memungkinkan untuk memiliki berbagai komunitas. Layanan ini dibuat dengan bahasa pemrograman seperti halnya PHP dan MySQL sebagai database. Dan wordpress termasuk layanan paling terkenal dan paling kuat dalam pembuatan blog ataupun website. Biasanya, wordpress digunakan untuk menyimpan portofolio baik berupa tulisan, gambar, dan sebagainya. Namun WordPress juga digunakan oleh perusahaan hingga pihak pemerintahan.

Di awal pembentukan WordPress pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little, WordPress terus dikembangkan hingga pada tahun 2004, WordPress versi pertama mulai diliris. Pada versi pertama ini memiliki fitur yang sederhana namun sudah memiliki fitur editor WordPress yang masih ada hingga saat ini.

Dalam pengembangannya, hingga saat ini terapat 2 jenis WordPress, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Keduanya merupakan layanan yang berbeda. WordPress.com merupakan layanan yang digunakan untuk membuat sebuah blog atau website dengan Wordpress. Layanan ini gratis namun akan berbayar jika menginginkan untuk meningkatkan fitur-fiturnya. Untuk membuat akun wordpress.com, pengguna perlu menentukan subdomain dengan format “namawebsite.wordpress.com). Sedangkan WordPress.org merupakan layanan dengan popularitas yang tinggi karena gratis dan bersifat open source. Layanan ini biasanya digunakan untuk berbagai website pribadi hingga perusahaan. Dan untuk menggunakan layanan ini, pengguna perlu menginstall aplikasi WordPress dan menggunakan nama domain bebas sesuai yang telah ditentukan atau dibeli sebelumnya.

Perbedaan Blogger Dan Wordpress Terbaru

Setelah mengetahui apa itu blogger dan WordPress, selanjutnya perlu diketahui perbedaan dari keduanya untuk lebih memantapkan pilihan ketika akan membuat sebuah blog. Dalam hal ini, Wordpress yang akan dibahas adalah jenis WordPress.org. Berikut ini beberapa perbedaannya dilihat dari beberapa aspek.

1. Kontrol Konten

Antara blogger dan WordPress memiliki sistem kontrol konten yang berbeda. Konten di Blogger akan menjadi seakan-akan milik Google karena kontrol penuh ditentukan oleh mereka. Sehingga jika terdapat konten yang melanggar, maka akan dihapus oleh Google. Sedangkan pada WordPress menganut sistem “You own your house”. Sehingga pengguna bisa bebas mengatur kontennya, install plugin, dan mengatur pengaturannya sesuai dengan keinginan.

2. Tampilan dan Desain

Jika menginginkan tampilan dan desain menarik dan gratis, bisa memilih WordPress. Karena WordPress memiliki keuntungan yaitu terdapat ribuan template blog gratis yang membuat tampilan lebih menarik dan profesional. Pengguna juga bisa membuat sendiri desain yang unik, menambah fitur, dan memodifikasi template WordPress se kreatif mungkin.

Sedangkan blogger memiliki pengaturan yang lebih terbatas, karena hanya menyediakan beberapa template gratis. Hal itu dikarenakan fungsi blogger lebih ditujukan untuk menulis saja. Namun pengguna juga bisa membeli template blogger karena sudah banyak yang menyediakan template blogger dengan kualitas yang profesional juga.

3. Iklan dan Branding

Blogger memang termasuk susah untuk branding, karena memiliki optimasi dan performa SEO yang lebih lemah. SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu teknik branding atau digital marketing yang bisa mengoptimalkan website agar bisa muncul di halaman pertama pencarian. Sehingga hal ini bisa meningkatkan popularitas dan brandawareness. Sedangkan Wordpress lebih mudah karena jika SEO dioptimasikan dengan baik dan benar, maka bisa mudah menempati halaman pertama di pencarian.

Namun jika dilihat dari kemudahan iklan di Google Adsence, blogger lebih mudah terapproved karena blogger merupakan bagian dari Google. Dan WordPress cenderung agak susah untuk terapproved Google Adsense.

4. Keamanan

Dilihat dari keamanannya, Blogger lebih unggul daripada WordPress. Karena keamanan Blogger dikelola oleh Google asalkan template yang digunakan adalah template default Blogger. Sehingga pengguna tidak perlu untuk mengelola dan mengaankan blognya sendiri. Sedangkan WordPress yang merupakan layanan open source, pengguna perlu memiliki tingkat keamanan yang baik karena script WordPress akan diperbaharui secara berkala. Sehingga pengguna WordPress perlu melakukan backup sendiri atau melakukan penambahan plugin WordPress.

5. Kapasitas Penyimpanan dan Pemeliharaan

Pada Blogger, disediakan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB, dan tidak dibutuhkan pemeliharaan secara mendalam karena sudah di hosting oleh Google. Sehingga Blogger lebih cocok untuk pengguna blog pemula. Sedangkan WordPress lebih cocok untuk pengguna yang lebih profesional dalam dunia blog karena bisa melakukan pemeliharaan, konfigurasi, pemilihan install plugin sesuai dengan kebutuhannya sendiri. Dan pengguna juga bisa menentukan kapasitas penyimpanannya sendiri di tempat menyewa hosting dengan berbagai macam harga sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang dipilih.

Antara Blogger dan WordPress memiliki perbedaan dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pemilihan blog atau website tergantung kemampuan dan tujuan pembuatan website tersebut.  Secara ringkas, Blogger lebih cocok digunakan untuk pemula, sedangkan WordPress lebih cocok untuk pengguna yang lebih profesional. Karena segala pengaturan dan pemeliharaan telah disediakan oleh google untuk pengguna Blogger. Sedangkan pada WordPress harus mengatur sendiri, dan perlu membayar beberapa rupiah untuk pengaturan hosting dan pemeliharaan lainnya. Namun pastinya tampilan WordPress bisa lebih terlihat profesional dibandingkan tampilan Blogger default.

Nah itulah perbedaan antara kedua layanan blog atau website yang paling terkenal dan paling banyak digunakan. Jadi, ingin memilih yang mana?

Related Posts
Kak Ula
Sharing informasi produk kecantikan dan kesehatan

Related Posts

Posting Komentar