WuSqyOgjkDlVD9T3DwbScpWy4QmNOXpt1I6JND8M

Tidak Hanya Satu, Ternyata Ada 11 Jenis - Jenis Jerawat Loh!

Jenis - Jenis Jerawat. Apa yang kamu pikirkan jika seseorang mengatakan kata " Jerawat "? Kebanyakan orang pasti membayangkan benjolan kemerahan yang berisikan nanah pada bagian wajah, bukan? Padahal, jenis-jenis jerawat ini tidak hanya satu saja loh. Ada banyak yang bisa kamu temukan.

jenis-jenis-jerawat-pada-kulit-wajah

Belum lagi, tempat munculnya jerawat ini ini tidak hanya di wajah saja. Semua bagian kulit di permukaan tubuh kita memiliki potensi terkena jerawat. Walaupun tempat umum yang dikenal banyak orang adalah sekitaran wajah. Misalnya di pipi, dahi, alis, hidung, leher bahkan di area mulut.

Dimana sebenarnya, jerawat bisa saja muncul di tempat lain. Seperti di punggung, tangan, dada hingga daerah kemaluan. Dan, memang hal tersebut bisa saja terjadi. Belum lagi pembagian jerawat berdasarkan tingkat keparahan seperti:

  • Jerawat Ringan : Seperti white dan blackheads alias komedo.
  • Jerawat Sedang : Misalnya jerawat yang tempat munculnya bukan di area wajah.
  • Jerawat Parah : Seperti jerawat batu yang bekasnya susah untuk disembuhkan.

Selain itu, berdasarkan ukuran, tingkat keparahan, daerah kemunculan, ada beberapa jenis-jenis jerawat, yakni:

1. Blackhead

Pernah mengetahui apa itu komedo? Komedo ini seringkali akan kamu temukan di bagian hidung. Dan, komedo juga memiliki dua jenis yakni komedo putih dan komedo hitam alias blackhead. Dan ternyata, komedo tersebut merupakan jenis jerawat. Walaupun jenis yang satu ini tergolong ringan dan tidak terlalu meresahkan.

Simak Juga! Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat

Karena memang hanya berukuran kecil dan tidak terlalu menonjol. Bahkan, kamu hanya akan melihat bintik-bintik hitam di sekitaran hidung saja. Masalah komedo hitam ini bisa muncul jika pori-pori kulit kamu tersumbat oleh kotoran atau minyak berlebih.

2. Whitehead

Jika sebelumnya kita sudah membahas komedo hitam, maka kali ini pembahasan kita adalah komedo putih. Jenis komedo yang satu ini bahkan tidak terlalu nampak loh, jika dibandingkan dengan blackhead. Bayangkan saja, tidak ada benjolan seperti jerawat pada umumnya. Belum lagi warna komedo ini adalah putih. Jadi sedikit tersamarkan. Namun, untuk penyebab terjadinya tetap sama dengan blackhead.

3. Pustula

Jerawat berikutnya adalah jerawat pustula. Ini merupakan jerawat yang memiliki benjolan dan lebih besar daripada whitehead. Bahkan jenis jerawat ini biasanya memiliki warna kemerahan di sekelilingnya. Bahkan, biasanya cenderung datang di masa remaja. Di dalam benjolan juga terdapat nanah loh.

4. Papula

Sama seperti pustula, jenis jerawat ini terlihat seperti benjolan. Sayangnya tidak memiliki bagian puncak yang berisikan nanah. Tentunya lebih sulit untuk dipecahkan karena terletak agak jauh di dalam permukaan kulit. Ini loh jerawat kemerahan yang terasa besar namun jika terlihat tidak memiliki puncak.

5. Kistik

Kamu tahu jerawat batu? Nah, kistik ini adalah jenis jerawat batu. Dimana permukaannya akan teraba benjolan keras, besar namun sulit dipecahkan. Biasanya hal ini terjadi karena adanya penumpukan minyak dan kotoran serta sel kulit mati. Ini adalah jenis yang sudah parah. Tentu saja tidak bisa dipecahkan begitu saja dan butuh obat-obatan khusus agar bisa disembuhkan. Jika penanganannya salah maka akan menyebabkan rusaknya tekstur kulit.

6. Nodul

Ini juga merupakan jerawat yang parah. Dimana letaknya di bawah permukaan kulit. Jerawat jenis ininselain keras, memerah dan memiliki ukuran besar juga terasa sangat nyeri dan sakit. Biasanya jerawat ini akan bertahan dalam waktu yang lama. Bahkan, kamu tidak bisa sembarangan menggunakan obat jerawat untuk menyembuhkannya.

7. Conglobata

Ini jenis jerawat parah yang menyiksa. Bagaimana tidak, jerawat ini merupakan kumpulan dari beberapa jerawat nodul yang saling menyatu. Di bagian bawah permukaan kulit, jerawat ini semakin meradang. Biasanya ini lebih sering dialami oleh laki-laki. Penyebabnya bisa jadi karena autoimun, penggunaan obat steroid atau kelebihan dari hormon testosteron.

8. Mekanika

Jenis jerawat ini biasanya akan timbul di berbagai area lain di tubuh selain wajah. Para atlet biasanya mudah terkena serangan jerawat mekanika ini. Sebab, menggunakan pakaian yang ketat menyebabkan gesekan. Belum lagi terpicu akibat suhu panas dan adanya tekanan.

9. Jerawat Zona T

Kamu pasti tahu akan zona T di wajah, bukan? Sedikit bagian dahi, hidung dan mulut. Zona ini cenderung berminyak dan menimbulkan jerawat. Untuk zona T sendiri, jerawat yang paling sering muncul adalah whitehead dan pustula. Biasanya disebabkan oleh kelebihan minyak serta polusi.

10. Fulminans

Jenis jerawat ini juga merupakan bagian dari jerawat kistik atau jerawat batu. Namun, jenis jerawat ini cukup langka. Lagi-lagi lebih sering ditemukan pada laki-laki dewasa muda dan usia remaja. Bentuknya seperti nodul yang meradang dan cukup parah hingga menimbulkan plak terbuka.

11. Fungal Acne

Sesuai dengan namanya, penyebab jerawat ini memang sejenis jamur. Hal ini berlangsung di folikel rambut. Jamur tersebut dinamai Malassezia. Bentuknya seperti whitehead yang muncul secara berkelompok dengan ukuran yang sama besar. Namun, terasa sangat gatal.

Itu tadi 11 jenis-jenis jerawat yang bisa kamu bedakan. Ingat, penanganannya pasti berbeda-beda. Hal tersebut disesuaikan dengan tingkat keparahan dan letak munculnya. Jadi, jika kamu tidak tahu, jangan sembarangan memencet jerawat, ya!

Related Posts
Kak Ula
Sharing informasi produk kecantikan dan kesehatan

Related Posts

Posting Komentar