WuSqyOgjkDlVD9T3DwbScpWy4QmNOXpt1I6JND8M

Hati-Hati! 9 Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Kulit Wajah

Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat. Memiliki Jerawat terutama di area wajah adalah hal yang menjengkelkan. Bagaimana tidak, wajah yang seharusnya bersih, pori-pori mengecil dan memiliki tekstur kulit halus pasti akan rusak jika timbul jerawat. Sebab, selain mengganggu, jerawat yang meradang memiliki efek kemerahan dan gatal. Pasti kamu akan tergoda untuk memencetnya, bukan?

faktor-penyebab-timbulnya-jerawat

Padahal, ini bukanlah penanganan yang dianjurkan. Sebab, jika dilakukan sendiri ditakutkan malah menyebabkan infeksi yang lebih berbahaya. Ya, bayangkan saja kamu akan memencet jerawat tersebut menggunakan jari yang tidak steril. Akibatnya? Tentu bakteri akan mudah masuk dan menimbulkan masalah kulit lainnya.

Belum lagi tekstur kulit yang akan rusak dikarenakan luka akibat jerawat yang dipecahkan secara sengaja. Selain menghasilkan luka dan merusak tekstur kulit, tindakan tersebut juga mengakibatkan perubahan warna. Akan timbul noda hitam bekas jerawat.

Inilah mengapa memecahkan jerawat tanpa bantuan ahli kesehatan tidak disarankan. Tentunya, kamu juga harus mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan munculnya jerawat. Jika kamu mengetahuinya, maka kamu bisa menghindarinya bukan? Yuk! Simak penyebab timbulnya jerawat berikut ini.

Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat

Sebenarnya, jika dikaji secara luas, maka ada dua faktor utama penyebab jerawat. Yakni, faktor eksternal dan faktor internal. Nah, faktor internal adalah masalah yang ada di dalam tubuh pemilik jerawat tersebut. Sedangkan untuk faktor eksternal maka faktor yang timbul dari luar tubuh. Karena itu kali ini kita akan ulas tuntuas penyebab apa saja penyebab internal dan eksternal dari timbulnya jerawat. Berikut faktor internal dan eksternal penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah.

1. Faktor Internal

Pertama-tama, mari kita bahas tentang faktor internal yang menyebabkan munculnya jerawat, yaitu:

  • Hormonal : perubahan hormon di dalam tubuh memicu timbulnya jerawat. Pada kasus-kasus tertentu, hormonal ini menjadi penyebab timbulnya jerawat. Misalnya ketika seseorang memasuki masa pubertas. Atau menjelang menstruasi, wanita yang mengalami masalah PCOS, kehamilan hingga konsumsi pil KB.
  • Ras : menurut penelitian, ada hubungannya antara flek hitam yang ditimbulkan oleh jerawat dengan ras. Dimana orang yang berkulit hitam cenderung akan menghasilkan flek atas bekas jerawatnya.
  • Keturunan : Penelitian juga menemukan 20% jerawat timbul akibat keturunan dari orang tua.
  • Stres : pernah tidak kamu merasa saat tertekan lebih mudah mengalami jerawat? Bahkan, jika kecemasan ini makin parah maka bisa memperburuk kondisi jerawat, loh.

2. Faktor Eksternal

Setelah kita membahas faktor internalnya, maka kita akan membahas faktor eksternal. Apa saja yang mungkin menyebabkan timbulnya jerawat? Berikut penjelasannya:

  • Kotoran : Segala sesuatu yang kotor dan berhubungan dengan kulit bisa menimbulkan jerawat. Misalnya saja, alas kasur atau alas bantal yang digunakan untuk tidur. Atau sesuatu yang menempel di wajah. Misalnya topi, masker, kacamata dan yang lainnya. Hingga ponsel yang sering kamu gunakan.
  • Kebiasaan Buruk : Ada beberapa kebiasaan yang memicu timbulnya jerawat. Misalnya ketika kamu terlalu sering membersihkan wajah. Sehingga minyak alami terkikis dan memicu kelenjar minyak untuk memproses minyak lebih banyak. Atau, kebiasaan memegang dan memencet jerawat. Sehingga, jari jemari yang kotor bisa membuat infeksinya semakin parah. Bahkan penggunaan produk make up terlalu berlebihan dan terlalu sering juga memicu jerawat loh. Apalagi jika kamu lupa membersihkannya.
  • Obat-obatan : Bahkan, jika mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa memicu timbulnya jerawat. Misalnya saja pil KB yang nantinya mempengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh.
  • Produk Pembersih Rambut : Bahkan, kamu harus tahu kandungan produk pembersih rambut yang digunakan. Sebab, hal ini bisa memicu timbulnya jerawat jika bersentuhan langsung dengan kulit. Apalagi jika mengandung bahan-bahan yang menyebabkan alergi. Misalnya saja ketika selesai menggunakan shampoo dan kamu tidak membilasnya dengan bersih. Tetesan air tersebut nantinya akan menyebabkan jerawat.
  • Makanan Tertentu : Faktor makanan yang kamu konsumsi juga berpengaruh terhadap jerawat. Misalnya terlalu banyak memakan makanan berminyak, makanan olahan dan makanan manis. Walaupun memang belum ditemukan bagaimana pengaruh langsung makanan terhadap munculnya jerawat ini.

Itulah sekilas tentang faktor-faktor apa saja yang menyebabkan munculnya jerawat. Seharusnya, ketika kamu sudah mengetahui hal-hal tersebut, kamu bisa lebih berhati-hati lagi, ya! Sebisa mungkin jangan ulangi kesalahan yang sama.

Semoga bermanfaat :)

Related Posts
Kak Ula
Sharing informasi produk kecantikan dan kesehatan

Related Posts

Posting Komentar