WuSqyOgjkDlVD9T3DwbScpWy4QmNOXpt1I6JND8M

Batu Hajar Aswad di Zoom 4000 Kali, Sabda Nabi Muhammad ﷺ Terbukti!

Batu Hajar Aswad. Baru - baru ini Presiden umum urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akhirnya mendokumentasikan penampakan Hajar Aswad yang ada di Ka'bah Masjidil Haram dengan resolusi tinggi dan dari foto ini sabda Nabi Muhammad ﷺ pun terbukti.

batu-hajar-aswad

Hajar Aswad sendiri terletak dibagian disudut timur Ka'bah dan terlihat seperti satu batu yang terlindungi oleh bingkai perak tetapi menurut beberapa sumber Batu Hajar Aswad ini ada yang menyebutkan 8 keping batu dan kabar terbaru secara resmi menyebutkan ada 7 keping batu kecil, ukurannya sendiri mulai dari yang memiliki lebar 4,5 mm hingga panjang 27,6 mm yang jelas ukuran terpanjang dari kepingan Batu Hajar Aswad ini tidak melebihi 3 cm. Kepingan itu lantas direkatkan pada tahun 1932 di era raja Arab Saudi kala itu Abdul Aziz bin Saud. Kepingan Hajar Aswad direkatkan dengan bahan semacam resin atau kemenyan Arab yang disebut dengan " Frankincense Arab " yaitu zat kimia yang dicampur minyak misik dan Ambar.

Penampakan Batu Hajar Aswad Di Zoom 4000 Kali

Gambar yang diambil oleh pemerintah Arab ini sangat jelas sehingga setiap orang bisa melihat setiap detail bagian batu yang tidak disadari sebelumnya. Foto Hajar Aswad ini berukuran hingga 49.000 megapixel dan membutuh waktu 7 jam untuk memotretnya. Dalam proses pembuatannya sendiri diambil 1.050 foto yang masing-masing berukuran 160 Gigabyte. Kemudian digunakan sebuah teknik yang disebut dengan Teknik Focus Stacking yaitu menggabungkan beberapa foto dengan titik fokus berbeda - beda guna menjaga ketajaman hasil akhir dan membutuhkan lebih dari 50 jam kerja untuk mengolah dan menyatukannya kedalam satu foto utuh.

gambar-batu-hajar-aswad-di-zoom-4000-kali

Focus Stacking atau bisa disebut dengan Depth Compositing adalah teknik yang paling sering digunakan oleh para fotografer produk profesional untuk menghasilkan bidikan produk secara detail. Teknik ini memajukan pendidikan pada jarak fokus yang berbeda-beda untuk menghasilkan Depth Of Field yang lebih besar gampangnya resolusi foto sebesar 49.000 megapiksel jika dibandingkan dengan kualitas kamera iPhone yang masih 12 megapixel adalah 4.083 kali lebih tajam dibandingkan dengan hasil foto menggunakan iPhone dengan teknik biasa. Lalu apa keistimewaan atau apa pentingnya dari foto Hajar Aswad yang beresolusi tinggi itu sampai-sampai pemerintah Arab Saudi repot-repot mengerjakan foto ini susah?

Batu Hajar Aswad merupakan batu yang sangat langka di muka bumi ini pemerintah Arab Saudi sering mendokumentasikannya tapi tak pernah sedetail ini kemungkinan karena kondisi tempatnya yang lagi longgar jadi tidak mengganggu para peziarah yang sedang tawaf.

Tentu kita masih ingat di mana Rasulullah ﷺ pernah bersabda bahwa " Hajar Aswad turun dari surga dengan warna lebih putih dari susu kemudian berubah menjadi hitam karena dosa-dosa anak-anak Adam " ( HR. Tirmidzi ).

Sebagian orang muslim ada yang mengatakan bahwa batu Hajar Aswad berasal dari Nabi Adam yang merupakan manusia pertama di bumi sumber lain menyebutkan seperti yang dikutip dari Oxford Islamic Studies Online diyakini bahwa Malaikat Jibril lah yang memberikan batu itu kepada Nabi Ibrahim AS ketika beliau sedang membangun Ka'bah. Sedangkan para ilmuwan menunjukkan bahwa Batu Hajar Aswad kemungkinan adalah batu meteorid ada juga teori yang mengatakan batu ini jatuh dari langit dan orang-orang pun sering menyebutnya dengan batu hitam. Dan ternyata setelah dipotret dengan foto resolusi tinggi tampaklah sebuah keajaiban dari Batu Hajar Aswad ini. Sejatinya batu ini tidak hitam seperti yang sangkaan banyak orang, Ia mengeluarkan warna aslinya yang lebih seperti warna merah dengan beberapa bagian hitam.

Menurut Dr. Afifi Al-Akiti seorang peneliti studi islam di Oxford University mengatakan " orang bisa lihat bahwa ternyata batu ini tidak hitam meskipun batu ini belum pernah di foto seperti ini sebelumnya saya pikir umat Islam rendah hati dan ilmu pengetahuan bisa berperan penting dalam agama. Awal mulanya batu hajar aswad ini berwarna putih bukan hitam, diperkirakan manusia menyentuh batu itu dan meminta pengampunan dari Tuhan adalah alasan mengapa batu itu hitam dan mencerminkan dosa umat manusia menurut sumber-sumber Islam ". Wallahu a’lam bish shawab

Sumber informasi :

  • Hadist Tirmidzi No. 308 tentang keutamaan Hajar Aswad, Rukun Yamani, dan Makam Nabi Ibrahim AS
  • Youtube El Khabar, Al Arabiya, ATA Animation Studio, YtCrash
  • Situs website Skynewsarabia, detik.com, cnnindonesia.com, snapshot.canon-asia.com, kumparan.com, kompasiana.com, oxfordislamicstudies.com.
Related Posts
Kak Ula
Berbagi informasi seputar produk kecantikan dan kesehatan

Related Posts

Posting Komentar