WuSqyOgjkDlVD9T3DwbScpWy4QmNOXpt1I6JND8M

5 Penyebab Timbulnya Jerawat Batu Di Bagian Pipi

Penyebab Timbulnya Jerawat Batu. Munculnya Jerawat pada kulit wajah khususnya bagian pipi memang menjadi hal yang menyebalkan, karena bisa mengganggu penampilan. Terlebih lagi jenis jerawat yng muncul adalah jenis jerawat batu yng biasanya memiliki ukuran lebih besar daripada jerawat biasanya.

penyebab-timbulnya-jerawat-batu-di-pipi

Tak hanya mengganggu penampilan, jerawat batu juga seringkali menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Lantas, apa sebenarnya penyebab dari munculnya jerawat batu ini? Berikut Ula share 5 penyebab timbulnya jerawat batu di bagian pipi yang wajib buat kamu tahu.

Penyebab Timbulnya Jerawat Batu Di Pipi

Jerawat sendiri biasanya muncul ketika sel kulit mati, minyak dan bakteri terperangkap pada pori-pori kulit. Sedangkan untuk jerawat batu ini terjadi ketika infeksi masuk jauh ke dalam kulit, kemudian menimbulkan benjolan yang berisi nanah.

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yng paling serius dibanding dengan jenis jerawat lainnya. Apabila jerawat batu pecah, maka infeksi dapat menyebar dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Selain muncul di wajah, jerawat batu juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya seperti dada, leher, dan lengan.

Dengan mengetahui penyebab dari munculnya jerawat batu ini, setidaknya kamu bisa melakukan pencegahan.

1. Perubahan Hormon

Salah satu yang menjadi penyebab timbulnya jerawat batu adalah perubahan hormon. Perubahan hormon yng bernama androgen berperan besar dalam munculnya jerawat batu. saat remaja, kadar hormon ini sangat meningkat yng menyebabkan meningkatnya produksi minyak (sebum) dan pertumbuhan sel-sel kulitpun menjadi lebih cepat. Hal inilah yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga menimbulkan jerawat batu.

Baca Artikel Lainnya : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Selain itu perubahan hormon yang terjadi akibat siklus menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, penggunaan terapi hormon, sindrom ovarium polikistik dan stres juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat batu.

2. Konsumsi Obat - Obatan Tertentu

Kedua yang dapat menyebabkan jerawat batu adalah mengkonsumsi obat - obatan tertentu. Dan beberapa obat-obatan tersebut diataranya kortikosteroid, litium, fenitoin, dan isoniazid.

3. Penggunaan Produk Kecantikan Tertentu

Produk kecantikan atau kosmetik seperti cream wajah, pembersih kulit wajah, dan lotion yng dapat memicu produksi minyak berlebih juga bisa menjadi penyebab jerawat batu.

4. Tingkat Kelembapan Kulit Tinggi dan Keringat Berlebih

Jika kamu memiliki kondisi tubuh yng gampang berkeringat dan kelembapan kulit yng tinggi, kamu akan lebih rentan mengalami jerawat batu. Pori-pori nantinya akan lebih mudah terbuka saat berkeringat, sehingga kotoran dan bakteri dapat dengan mudah masuk ke dalam kulit yang akhirnya berujung munculnya jerawat.

5. Faktor Genetik

Faktor genetik juga dapat menjadi salah satu penyebab jerawat batu yng dapat kamu alami. Memiliki orangtua yng selalu memiliki masalah dengan kulit berjerawat ini bisa meningkatkan risiko kamu lebih mudah mengalami masalah jerawat juga.

Nah, itulah kelima penyebab timbulnya jerawat batu. Adapun informasi mengenai mengkonsumsi coklat, makanan berminyak, makanan pedas, berhubungan seksual dan masturmasi itu tidak menyebabkan jerawat batu yah, itu hanyalah mitos belaka. Dan yang pasti selalu jaga kesehatan dan kebersihan.

Semoga informasi ini bermanfaat :)

Related Posts
Kak Ula
Sharing informasi produk kecantikan dan kesehatan

Related Posts

Posting Komentar