WuSqyOgjkDlVD9T3DwbScpWy4QmNOXpt1I6JND8M

Terungkap! Ini Alasan Kenapa Kucing Mati Harus Dikubur

Kenapa Kucing Mati Harus Dikubur? Saat kita berkendara di jalan raya tentu saja resiko menabrak kendaraan lain ataupun hewan pasti akan selalu ada. Salah satu hewan yang sering tertabrak oleh pengendara yaitu kucing.

alasan-kenapa-kucing-mati-harus-dikubur

Kucing merupakan hewan kesayangan Rosulullah ﷺ yang banyak beredar mitos di masyarakat bahwa saat kucing mati baik itu sengaja taupun tidak disengaja harus langsung dikuburkan. Lantas apakah benar mitos kucing mati harus langsung dikuburkan? Apa alasan sebenarnya menurut islam dan fakta ilmiahnya?

Kenapa Kucing Mati Harus Dikuburkan?

Sejak zaman dahulu kita sering mendengar mitos tentang kucing yang beredar di masyarakat bahwa siapa saja yang menabrak kucing meski tidak sengaja maka ia akan tertimpa oleh kesialan dan ditambah lagi jika yang menabrak tersebut adalah seorang pria yang istrinya sedang mengandung maka akan berdampak buruk bagi calon anaknya tersebut. Hingga saat ini mitos kuno tentang kesialan akibat menabrak kucing tersebut masih dipercaya oleh banyak orang. Banyak yang mempercayai hal tersebut tanpa mengetahui apa alasan atau fakta ilmiah yang sebenarnya tentang menabrak kucing dan harus langsung dikubur. Lantas bagaimana Islam memandang mitos semacam ini?

Sesungguhnya kucing memang merupakan hewan kesayangan Rasulullah ﷺ bahkan Rasulullah ﷺ pernah berpesan kepada para sahabat bahwa kucing hendaknya disayangi seperti menyayangi keluarga sendiri sebab Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى akan memberikan pahala kepada umatnya yang apabila menyayangi dan memelihara kucing. Rasulullah ﷺ menceritakan tentang kisah seorang wanita yang mendapat siksa neraka akibat kejahatannya terhadap kucing peliharaannya.

Seperti yang telah diriwayatkan Imam Muslim bahwasanya Rosulullah ﷺ bersabda ada seorang wanita yang diazab masuk neraka karena seekor kucing. Ia mengurung kucingnya hingga tewas. Ia tidak memberikan makan dan tidak pula memberikan minum kucingnya. Bahkan ia mengurungnya. Dan tidak meninggalkan makanan untuknya, sehingga kucing tersebut memakan apa yang keluar dari bumi (HR. Muslim) Hadist ini juga diriwajatkan oleh sahabat Abu Hurairah r.a

kucing bukanlah hewan yang dibolehkan untuk dibunuh, pasalnya dalam Islam ada beberapa hewan yang boleh dibunuh jika hewan tersebut mengganggu atau mengancam keselamatan kita sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda dalam sebuah hadis berikut ini.

Diriwayatkan dari Aisyah radiallahu ’anha dari Nabi Muhammad ﷺ bersabda, : Ada 5 binatang yang boleh dibunuh ditanah haram: Tikus, Kalajengking, Burung layang-layang/Sejenis gagak dan anjing predator.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka dari itu hewan yang tidak mengganggu seperti halnya kucing tentunya tidak boleh untuk dibunuh. Lantas bagaimana dengan hukum menabrak kucing karena tidak sengaja? Ternyata apabila menabrak kucing disebabkan karena ketidak engajaan maka penabrak tidak akan menanggung resiko apapun kecuali jika hewan itu milik orang lain maka ia harus menanggung ganti rugi ke pemiliknya sebagaimana Allah berfirman dalam surah Al-Ahzab" . . . . . . Dan tidak ada dosa bagimu untuk perbuatan yang kamu tidak sengaja tetapi yang ada dosa apa yang disengaja oleh hatimu ( Q.S : Al-Ahzab ayat 5 )

Nah, maka dari itu tugas kita yang secara tidak sengaja menabrak kucing hingga mati adalah menguburnya agar bangkai kucing ini tidak mengganggu orang lain. Islam juga menyebut bahwa kegiatan menyingkirkan gangguan dari jalan termasuk Husnul khuluq atau amal baik. Dari Abu Hurairah radhiallahu Anhu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda ditampakkan kepadaku amalan seluruh umatku yang baik maupun yang buruk aku melihat di antara amal baik mereka menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari Jalan ( HR. Ahmad dan Muslim )

Disamping itu kita memang dianjurkan mengubur bangkai kucing pasalnya jika dibiarkan begitu saja di jalan raya atau dibuang ke sungai maka akan bahaya seperti yang diungkapkan oleh dokter hewan Abraham Syiah yang dikutip dari faktabanten.co.id " Jika bangkai kucing atau hewan lain seperti tikus dibiarkan begitu saja atau dibuang maka bisa menyebabkan penyakit toksoplasma pada manusia. Menurut Abraham bahwasanya toksoplasma ini akan menular pada sebagian besar mamalia termasuk manusia dan beberapa jenis burung kucing dan tikus menularkan tokso melalui kotorannya dan bangkai yang dibuang warga di jalan, sungai atau parit, karena itu sebaiknya hewan mati harus segera di kubur.

Wallahu A'lam bishshawab.

Related Posts
Kak Ula
Berbagi informasi seputar produk kecantikan dan kesehatan

Related Posts

Posting Komentar