WuSqyOgjkDlVD9T3DwbScpWy4QmNOXpt1I6JND8M

Apa Boleh Saat Hamil Makan Buah Durian??

Apa Boleh Saat Hamil Makan Buah Durian? Ibu hamil perlu lebih berhati-hati dalam memilih makanan yng dikonsumsi selama kehamilan sebab beberapa makanan tertentu bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Salah satu makanan yang sering diperdebatkan mengenai keamanannya bagi ibu hamil adalah buah durian.

apa-boleh-ibu-hamil-makan-buah-durian

Buah durian ini memang cukup unik sebab ada beberapa orang yang sangat tidak suka buah ini, namun di lain sisi ada juga yang sangat fanatik akan buah ini. Lantas, apakah benar kalau ibu hamil itu dilarang makan buah durian karena dapat membahayakan kehamilan. Khusus di artikel kali ini Ula bakalan share seputar buah durian untuk ibu hamil. Disimak sampai tuntas yah!!

Apa Boleh Saat Hamil Makan Buah Durian?

Ada anggapan yang beredar di masyarakat jika mengkonsumsi buah durian dapat membuat perut menjadi panas sehingga membahayakan keselamatan janin. Namun, hal itu sebenarnya merupakan mitos belaka. Sebenarnya tidak ada pantangan bagi ibu hamil dalam mengkonsumsi buah durian selama kehamilan, sehingga makan durian saat hamil tidak berbahaya asalkan jumlah durian yng dikonsumsi tidak berlebihan dan jika kondisi ibu hamil serta janinnya sehat malah buah durian sebenarnya mengandung manfaat loh! Tapi, ingat selama tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Lantas apa saja manfaat buah durian yang baik bagi ibu hamil?

Manfaat Buah Durian Untuk Ibu Hamil

Buah durian yang dijuluki sebagai raja dari segala raja buah ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kehamilan. Dan berikut beberapa manfaat buah durian untuk ibu hamil.

1. Pemenuhan Asam olat

Diantara kandungan buah durian yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah asam folat sehingga durian bisa membantu ibu hamil dalam pemenuhan asam folat. Nutrisi satu ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang janin dalam menunjang pembentukan otak tulang bagian belakang dan saraf. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain itu durian juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas serta polutan yang bisa membahayakan Bunda dan janin.

3. Menjaga Suplai Darah

Mineral yang terdapat dalam buah durian juga sangat baik menjaga suplai darah untuk pertumbuhan janin didalam kandungan. 

Meskipun mempunyai sejumlah manfaat bukan berarti ibu hamil boleh mengkonsumsi buah durian secara berlebihan karena buah durian memiliki efek samping jika di konsumsi secara berlebihan.

Lantas, apa sajakah hal yang sebaiknya diperhatikan ibu hamil sebelum mengkonsumsi buah durian? 

Yang perlu  diperhatikan yaitu hindari mengkonsumsi buah durian secara berlebihan sebab disamping manfaatnya, buah durian juga merupakan makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat sehingga mengkonsumsinya secara berlebihan dapat memicu kenaikan gula darah secara tiba-tiba. Hal ini sangat berbahaya bagi ibu hamil yang pernah atau memiliki riwayat diabetes sebelumnya. 

Selain itu, mengkonsumsi durian secara berlebihan juga dapat memicu timbulnya gas berlebihan pada perut sehingga membuat ibu hamil lebih rentan mengalami masalah pada sistem pencernaan. Jadi, meskipun Bunda suka buah durian namun Bunda jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan ya!

Ibu hamil dengan beberapa kondisi tertentu seperti punya riwayat diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi berada di trimester ketiga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengkonsumsi buah durian.

Nah, itulah kurang lebih tentang manfaat, yang harus diperhatikan dan boleh tidaknya mengkonsumsi buah durian saat hamil. Semoga informasi singkat ini bermanfaat yah! 

Related Posts
Kak Ula
Berbagi informasi seputar produk kecantikan dan kesehatan

Related Posts

Posting Komentar