WuSqyOgjkDlVD9T3DwbScpWy4QmNOXpt1I6JND8M

Apa Itu Toner? Jenis dan Fungsinya

Apa Itu Toner?. Toner merupakan salah satu dari rangkaian produk kecantikan yng dipakai sehari-hari. Tentunya fungsi toner ini tidak dapat disepelekan begitu saja.

apa-itu-toner-jenis-dan-fungsinya

Buat kamu yang mengaku peduli dengan kulit wajah, jangan lupakan toner sebagai salah satu produk perawatan. Menggunakan toner secara rutin dapat membantu membuat kulit wajah kamu jadi lebih cerah, sehat, dan yng pasti tampak lebih muda.

Apa Itu Toner?

Seperti yng kamu simak diatas, toner sendiri merupakan salah satu rangkaian produk perawatan kulit dengan bahan utamanya yaitu air dengan campuran beberapa komponen.

Umumnya toner sendiri digunakan sebagai penghapus dan pembersih sisa makeup, kotoran, hingga minyak berlebih pada kulit wajah.

Selain bahan utamanya air, toner ini biasanya ditambahkan berbagai macam zat aktif. Masing-masing dari zat aktif tersebut memiliki fungsi yng berbeda - beda. Misalnya saja gliserin yng berkhasiat dalam  menjaga kelembapan kulit. Selain itu ada juga ekstrak herbal dan ekstrak bunga yng berfungsi sebagai antioksidan, dan ada juga niacinamide sebagai pencerah kulit wajah.

Oh iya, sebelum kamu memutuskan untuk membeli dan menggunakan toner, alangkah baiknya teman Ula harus tahu dulu jenis toner untuk wajah biar enggk salah pakai, karenanya ini untuk kesehatan dan perwatan kulit wajah, kalau salah bisa berdampak sebaliknya.

Jenis Toner Wajah

1. Hydrating Toner

Jenis toner pertama yaitu hydrating toner, jenis toner yang satu ini bermanfaat untuk melembapkan kulit wajah.

Hydrating toner ini sangat bagus digunakan sebelum melakukan perawatan kulit berikutnya seperti serum atau cream wajah. Sebab, nantinya kulit kamu akan menjadi lebih mudah menyerap bahan-bahan aktif yng terkandung di dalam produk skincare seperti serum, cream dan lainnya.

Adapun untuk bahan utama yng kerap ada di dalam hydrating toner yaitu hyaluronic acid, vitamin E, dan aloe vera.

2. Exfoliating Toner

Exfoliating toner merupakan jenis toner yang memiliki fungsi mengeksfoliasi sel-sel kulit mati yng masih menempel pada wajah. Toner dengan jenis ini sangat efektif dalam membersihkan kulit wajah dari kotoran serta sisa makeup membandel yng masih menempel pada wajah.

Kandungan exfoliating toner ini pada umumnya yaitu alpha dan beta-hydroxy acid (AHA dan BHA), glycolic acid, serta salicylic acid.

Fungsi Toner Untuk Wajah? 

Toner sendiri berfungsi sebagai pembersih wajah dari berbagai kotoran yng mungkin masih menempel. Akan tetapi, toner juga memiliki fungsi yng lebih spesifik. Dan berikut beberapa fungsi toner yng harus kamu tahu.

1. Menyeimbangkan pH

Kulit wajah yng normal dan sehat memiliki nilai pH yng sedikit asam, yaitu antara 4,7 hingga 5,75. Jika kamu memiliki nilai pH di atas atau di bawah angka tersebut, maka kulit wajah kamu bisa bermasalah. Dengan menggunakan toner, nilai pH kulit kamu akan terjaga.

2. Detoksifikasi

Aaat beraktivitas seharian, diam berlama-lama di ruangan yng ber-AC, atau mungkin berada di tempat kerja yng penuh dengan polusi pastinya akan membuat kulit wajah kamu terpapar radikal bebas serta zat kimia berbahaya.

Kalau dibiarkan terus-menerus seoerti itu, maka kulit wajah kamu akan mengalami kerusahan. Dengan menggunakan toner kamu dapat mencegahnya. Toner sendiri dapat mengangkat dan menghilangkan racun dari kulit.

3. Membantu Mengecilkan Pori - Pori

Jenis ori-pori wajah yng sehat ukurannya tidak besar. Namun, seiring bertambahnya usia dan semakin seringnya terpapar radikal bebas atau zat asing, pori-pori bisa saja bertambah besar. 

Kalau pori - pori kamu membesar maka kotoran, minyak, serta racun akan sangat mudah masuk ke dalam kulit. Dengan menggunakan toner kamu dapat mencegah hal itu terjadi. Tidak sampai di situ saja, fungsi toner lainnya yaitu dapat mengecilkan pori-pori sehingga kamu akan terhindar dari berbagai masalah pada kulit wajah. 

4. Membantu Mengatasi Jerawat

Salah satu menjadikan jerwat muncul yaitu penyumbatan pori-pori oleh kotoran, minyak berlebih, dan zat-zat lainnya. Dengan kamu menggunakan toner akan membantu membersihkan segala penumpukan zat-zat pada kulit. Wajah pun akan menjadi bersih serta jerawat pun akan mereda dan enggk untuk muncul kembali.

5. Membantu Melembapkan Sekaligus Menutrisi Kulit

Fungsi toner memang dapat melembapkan kulit karena sifatnya yng menghidrasi kulit. Dengan kulit yang terhidrasi, maka kelembapan, kelenturan, serta kehalusan kulit wajah bukan lagi hal yng mustahil. 

Nah, itulah kurang lebih tentang toner, jenis toner serta fungsinya. Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan membantu yah :)

Related Posts
Kak Ula
Berbagi informasi seputar produk kecantikan dan kesehatan

Related Posts

Posting Komentar